Saturday, 2 May 2015

Ketika Dia yang Kuharapkan Untuk Masa Depanku

Jual Klg Asli di Bandung, Dulu kita bahagia bersama, tertawa bersama, menghabiskan waktu bersama, menghabiskan masa sebelum kita benar-benar serius ingin menggapai asa. dulu berlarian tanpa alas kaki dan merebah pada lempeng bumi yang beratap langit biru adalah kegemaran kita.. aku tak pernah mengeluh atas kesederhanaan hidup yang kita jalani, aku selalu mengingat setiap ucapan polos penuh makna mu yang memotivasiku "kita akan sulit bahagia jika kita juga sulit bersyukur". darimu aku banyak belajar.

Dulu tanganmu tak sungkan menggenggam pada sela-sela jemariku saat diri ini tak mampu lagi mendaki. dulu kamu selalu mengingatkan aku saat aku salah. sosok dewasamu tak pernah aku lupa meski umurmu 2 tahun dibawahku. hal lain yang aku senangi darimu yaitu kamu tak pernah sombong atas kepintaran yang kamu miliki. aku selalu merasa nyaman saat berada di dekatmu, dalam segala kondisi, dalam setiap keadaan, aku bahagia .


Pernah ingat harapan dan keinginan kita? mungkin ini hanyalah sebuah angan, namun bagaikan ikrar kita berdua yang terlontar saat kita duduk berdua diatas kursi di depan rmahmu, kamu dan aku pernah punya cita-cita, kita berdua ingin menjadi dokter, dulu kita ingin mengelilingi dunia, dulu terselip keinginan kita untuk pergi ke negeri coklat, dulu kita pernah memiliki mimpi untuk membangun sebuah kerajaan, kamulah ratunya dan aku sebagai rajanya, masih ada lagi berjuta harapan yang pernah kita rangkai bersama, terkandung dan diam bersahaja dalam sebuah rantai impian.

Aku dan kamu, kita selalu bahagia. dalam canda kuselipkan cinta diam-diam. cinta tak berucap yang aku harap dapat terbalaskan. walaupun aku tak tau pasti kapan itu akan terjadi.

Dalam bahagia akupun bersedih, aku berusaha menghilang dari perasaan yang mulai menggelitik semakin merajam, namun semakin lama justru aku semakin sulit tuk bernafas dan bergerak dalam ruang hati yang terkunci oleh cinta yang bersembunyi.

Diam-diam aku menyukaimu, Entahlah!! Apakah sama halnya denganmu atau justru sebaliknya? Cinta itu semakin membesar dan memenuhi seluruh ruang jiwa, aku tak berani berucap dalam jujur. Walau aku tau dimanapun kita bersembunyi cinta akan tetap menemukan kita. Tapi aku tak berharap cinta akan menemukanmu kala itu, dan taukah kamu? aku berhasil, aku memenangkanya! Cintaku berhasil aku sembunyikan. Cinta yang aku miliki pun tak mampu menemukanmu. Ya tentu saja karena cinta itu nampaknya tak bisa melangkah sejauh langkahmu meninggalkanku.

Aku tak pernah bersedih dan menghakimi Tuhan atas perpisahan kita. Aku justru berterima ksaih kepada-Nya atas kepintaran yang telah dianugerahkan kepadamu sehingga kamu bisa mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di surabaya dengan standart mutu yang lebih baik dari sebelumnya. Hingga saat ini, setelah kamu pergi meninggalkanku, aku tak pernah tau kejelasan atas perasaanmu kepadaku. Tapi tak apa, aku akan menunggu dengan setia.

Terlalu banyak pertanyaan yang berputar dan bermuara di otakku saat ini. Kamulah tersangkanya. Kamu penyebab dari kepusingan dan kegundahan yang selalu aku rasakan. Bagaimana keadaanmu? Seperti apa sekolahmu disana? Bagaimana dengan teman-teman barumu? Bagaimana hobbymu? Masih samakah? Masih Ingat dengan aku? Ah .. mungkin saja kamu sudah lupa. Aku hanya kawan masa lalumu yang tidak terlalu istimewa. Aku adalah seorang laki-laki biasa yang tak pantas dan lancang untuk menyukaimu. Maafkan atas kelancanganku ini.

BERSAMBUNG .....

Tuesday, 17 March 2015

English Poetry


I miss you, like the night
Missed the moon

I miss you, like the flowers
Missed the fragrant smell

I want us to always be together
as the soul with the body

Like a sky with clouds
Like the sun with light
Like rain with water droplets

now you go away
no smile painted
no jokes that make happy
no touch of warmth

leaving you longing in my heart
as the last memories
the most lasting forever


FE : BAGUS PRIYONO

Thursday, 12 March 2015

Ancur ... ancur ... ancur


Astaga… Astaga… Astaga…. Tidak pernah terbayangkan bagaimana perasaan remaja masa kini saat mengunggah foto yang tidak pantas seperti ini ke sosial media.

Senang? Bangga? Mungkin iya, karena foto yang diunggah di Facebook 10 Maret 2015 ini berjudul ‘Hahaha~~ Suka Suka Gue Dong‘.
Dua remaja yang tidak tahulah cara mengungkapkannya bagaimana, bisa kalian lihat sendiri.
Sebuah pertanyaan, di foto yang diserluaskan seperti ini saja mereka sudah melakukan hal seperti ini, bagaimana dengan yang mereka lakukan selain di foto?
Rusak… rusak… rusak…
Dari profilenya, sepertinya wanita ini masih pelajar SMK di salah satu sekolah swasta di tanah Jawa. Di profile juga dia berstatus ‘menikah dengan’, namun dari usianya sepertinya mereka belum menikah.
Kebiasaan remaja saat ini memasang status ‘menikah’ dengan pacar mereka. Manggil mama papa, mama pipi, dan sebagainya.
Bagaimana perasaan orangtua mereka saat melihat foto anaknya yang seperti ini? Bagaimana hati emak mereka jika melihat foto anaknya seperti ini?
Mungkin emaknya akan berkata ‘Nak, sakit hati emak nak… sakitttt….’.
Sepertinya yang punya Facebook ingin fotonya disebarluaskan, mungkin biar jadi artis kali ye? Artis bokep? (maaf keceplosa).
Terbukti, 6 jam setelah foto ini di posting, 7 ribu orang sudah ngelike, dan hampir seribu orang membagikannya. Sementara yang berkomentar juga sangat buanyaaakkkk.
Berikut beberapa komentar dari teman Facebooknya :
MasyaAllah, apakah kalian sudah tidak punya malu mengumbar2nya supaya di lihat publik,? Kelak di hari kiamat ada salah satu kaum yang tidak Allah maafkan yaitu orang” yang ditutupi kemaluannya oleh Allah tetapi malah ia sendiri yang menunjukkan kemaluannya, naudzubillah,, kemaluan sendiri saja di umbar apalagi kemaluan orang lain naudzybillahimindzalik,,
tolong segera dihapus itu poto, apakah kalian tidak menghargai perjuangan rasulullah yang memuliakan wanita?
ORANG TOLOL ? cakep juga enngak ettt iyaa biar dikata apaan si begitu , tanggung bodoh sekalian aja lu telanjang berdua maen pegang”an punya lu aduhh anak jaman dah ah suka sedih gua ????
itu tete di pegang biar gde biar bisa ngalahin duo serigala siapa tau jadi trio serigala goyang dribble . jadi goyang tripplle
L*nte :”’ sadar neng di manfaatin juga bangga .. pengacau tai , punya muka berapa neng? Padahal klo orang bnr2 ntu aib , urat malu nya udh putus kali ye

Saturday, 7 March 2015

Bahaya Rokok dan Narkoba

bahaya rokok dan narkoba

SAY NO TO DRUGS
Banyak orang yang setuju untuk meninggalkan atau menjauhkan diri dari narkoba, tapi tetap tidak bisa untuk meninggalkan kebiasan merokok, karena menurut mereka narkoba lebih berbahaya daripada rokok. Padahal pemikiran mereka itu SALAH BESAR, karena keduanya (narkoba dan rokok) sama-sama berbahaya. Bahkan, mungkin rokok bisa saja lebih berbahaya, karena selain membahayakan si perokoknya, juga membahayakan orang di sekitar si perokok yang tidak merokok dan tidak sengaja menghirup asap rokok dari si perokok tadi. Hanya saja, bedanya dengan narkoba, kalau dampak narkoba lebih cepat terlihat, sementara dampak atau efek dari bahayanya merokok akan dirasakan 10 – 20 tahun kemudian. Oleh karena itulah, masih banyak sekali orang yang tidak mempedulikan bahaya merokok.
Mengapa merokok dan menggunakan narkoba memang sama-sama berbahaya? Jawabannya yaitu karena keduanya sama-sama bisa menyebabkan perubahan kimia pada otak dalam jangka panjang, sehingga menyebabkan otak rusak. Dalam asap rokok, terkandung 4000 zat kimia, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya untuk kesehatan. Racun utama dari rokok adalah nikotin, tar dan karbon monoksida. Nikotin adalah zat adiktif, yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah, bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan. Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru, bersifat karsiogenik. Dan, karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen1. Racun dan karsinogen yang timbul akibat pembakaran tembakau tersebut dapat memicu terjadinya kanker. Pada awalnya, sih, rokok mengandung 8 – 20 mg nikotin dan setelah di bakar nikotin yang masuk ke dalam sirkulasi darah hanya 25%. Walaupun jumlah tersebut kecil, tapi ternyata zat tersebut hanya memerlukan waktu 15 detik untuk sampai ke otak manusia. Bagaimana nggak berbahaya? Satu rokok saja bisa seperti itu, apalagi kalau beratus-ratus rokok yang dihisap?
Dalam prosesnya, nikotin diterima oleh reseptor asetilkolin-nikotinik yang kemudian terbagi ke jalur imbalan dan jalur adrenergik. Pada jalur imbalan tersebutlah, perokok merasakan kenikmatannya, serta memacu sistem dopaminergik. Dan, hasilnya, perokok akan merasa lebih tenang, daya pikir serasa lebih cemerlang, serta mampu menekan rasa lapar. Sedangkan di jalur adrenergik, zat ini akan mengaktifkan sistem adrenergik pada bagian otak lokus seruleus yang mengeluarkan sorotin. Dengan meningkatnya sorotin, akan menimbulkan rangsangan rasa senang sekaligus keinginan mencari rokok lagi 2. Jadi, karena ketergantungan pada nikotin inilah, mengapa perokok menjadi sangat sulit meninggalkan rokok tersebut.
Ini dia nih bahaya nyata rokok: kanker paru (90% kanker paru pada laki-laki disebabkan rokok, dan 70% untuk perempuan), kanker mulut, kanker bibir, asma, kanker leher rahim, jantung koroner, darah tinggi, stroke, kanker darah, kanker hati, bronchitis, kematian mendadak pada bayi, bahaya rusaknya kesuburan bagi wanita dan impotensi bagi kaum pria.
Masih ttp mo ngerokok? Hmm, itu semua pilihan masing2 orang sih, asal si perokok harus ingat : Jangan merokok di tempat umum & jgn merokok di dekat orang yg tdk merokok (krn kenyaataanya perokok pasif akan menyerap 2 kali lipat asap rokok). Klo mo ttp ngerokok, ya jgn merugikan perokok pasif, oce…
rokok bahaya
Bahan-Bahan Pembuat Rokok :

  • ZAT KIMIA
Komponen gas asap rokok adalah karbon monoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida, dan formaldehid. Partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbarzol, dan kresol. Zat-zat ini beracun, mengiritasi, dan menimbulkan kanker (karsinogen).


  • NIKOTIN
Zat nikotin merupakan zat yang paling sering dibicarakan dan diteliti orang, karena dapat meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pembuluh darah tepi, dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainya.


  • TIMAH HITAM (Pb)
Timah hitam yang dihasilkan oleh sebatang rokok sebanyak 0,5 ug. Sebungkus rokok (isi 20 batang) yang habis diisap dalam satu hari akan menghasilkan 10 ug. Sementara ambang batas bahaya timah hitam yang masuk ke dalam tubuh adalah 20 ug per hari.


  • GAS KARBONMONOKSIDA (CO)
Karbon monoksida menimbulkan desaturasi hemoglobin, menurunkan langsung persediaan oksigen untuk jaringan seluruh tubuh termasuk miokard. CO menggantikan tempat oksigen di hemoglobin, mengganggu pelepasan oksigen, dan mempercepat aterosklerosis (pengapuran/penebalan dinding pembuluh darah). Dengan demikian, CO menurunkan kapasitas latihan fisik, meningkatkan viskositas darah, sehingga mempermudah penggumpalan darah.


  • TAR
Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam komponen padat asap rokok, dan bersifat karsinogen. Pada saat rokok dihisap, tar masuk ke dalam rongga mulut sebagai uap padat. Setelah dingin, akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna cokelat pada permukaan gigi, saluran pernapasan, dan paru-paru. Pengendapan ini bervariasi antara 3-40 mg per batang rokok, sementara kadar tar dalam rokok berkisar 24 – 45 mg.


Bahaya Rokok Bagi Tubuh Manusia :


  • Reproduksi dan Fertilitas
Pengaruh dari merokok terhadap reproduksi dan kesuburan cukup fatal. Merokok dapat meningkatkan risiko impotensi, kerusakan sperma, mengurangi jumlah sperma dan menyebabkan kanker testis.

  • Mulut dan Gigi
Merokok dapat menyebabkan bau mulut dan gigi bernoda. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan indera perasa. Penyebab paling serius dari merokok pada area ini adalah peningkatan risiko mengembangkan kanker pada lidah, tenggorokan, dan bibir.


  • Kulit
Merokok mengurangi jumlah oksigen ke kulit sehingga dapat mempercepat penuaan dan kulit tampak abu-abu.TulangMerokok dapat menyebabkan tulang cepat lemah dan rapuh. Wanita terutamanya, 5-10% lebih mungkin untuk menderita osteoporosis dibandingkan non-perokok.


  • Perut
Merokok dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker perut dan resiko kanker ginjal, pankreas dan kandung kemih.


  • Paru-Paru
Merokok menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). PPOK adalah penyakit progresif yang membuat seseorang sulit untuk bernapas. Banyak perokok tidak tahu bahwa mereka telah terkena penyakit ini hingga sudah terlambat. Tidak ada obat untuk penyakit ini dan tidak ada cara untuk membalikkan kerusakan.


  • Jantung
Karbon monoksida dari rokok mencuri oksigen darah dan mengarah pada pengembangan kolesterol mengendap di dinding arteri. Efek ini meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Dengan banyaknya dampak negatif yang ditimbukan oleh rokok saya jadi bingung mengapa masih banyak orang-orang yang merokok question kemarin saya mencoba menanyakan hal ini kepada teman saya yang merokok, katanya merokok bisa menenangkan pikiran ketika sedang galau exclaim confused hahaha mrgreen
memang pikiran setiap orang berbeda-beda, tapi saya bangga tidak merokok karna ingin hidup sehat tanpa penyakit (mungkin) haha mrgreen



BAHAYA NARKOBA

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya. Seperti ungkapan ‘api kecil adalah kawan dan jika menjadi besar adalah lawan’. Ini ungkapan yang sangat pas untuk menggambarkan tentang narkoba.

Dalam dunia medis, narkoba bisa menjadi obat-obat yang berkhasiat untuk penyembuhan. Penggunaan narkoba dalam dunia medis adalah legal. Nah yang menjadi penyalahgunaan adalah ketika seseorang yang mengkonsumsi narkoba tanpa adanya pengawasan dari seorang ahli kesehatan atau dokter. Bila seseorang menggunakan narkoba tanpa adanya pengawasan dari dokter akan sangat membahayakan si pengguna karena umumnya narkoba mengandung zat-zat beracun yang bisa menyebabkan pengguna narkoba akan selalu ketergantungan atau kecanduan terhadap obat-obatan tersebut, merusak organ-organ tubuh, mempengaruhi berkurangnya daya pikir seseorang atau membuat pikiran menjadi tidak rasional dan kerusakan otak secara permanen. Akibat yang lebih mengerikan lagi adalah berujung pada kematian.

Dilihat dari segi penggunaannya, narkoba dibedakan menjadi 2 golongan. Yakni pengguna narkoba ‘jalanan’ (ilegal) dan penggunaan narkoba legal dalam dunia medis yang disalahgunakan. Dari penggolongan jenisnya, narkoba di bedakan menjadi 3 golongan besar yakni narkotika, psikotropika dan zat aditif lainnya. Ketiga jenis narkoba tersbut juga sering disebut dengan napza.
Data dan fakta menunjukkan persentase tertinggi penguna narkoba adalah anak-anak sekolah dan anak-anak remaja. Sedangkan lokasi tempat mereka ‘menikmati’ barang haram tersebut umumnya di kos-kosan, club-club malam, diskotik dsbnya. Mereka dijadikan sasaran empuk oleh para pengedar untuk mengeruk keuntungan dari penjualan barang haram tersebut. Tidak pada mereka saja, kalau kita menonton berita di tv banyak contoh kasus artis-artis yang terlibat dengan penggunaan narkoba. Bahkan ada yang tertangkap sampai 2 kali dalam kasus yang sama. Ini menunjukkan cengkeraman narkoba yang sangat hebat pada seseorang sehingga sulit untuk melepaskannya.

Bahaya narkoba bagi tubuh manusia :

  • Depresan
Pemakai akan tertidur atau tidak sadarkan diri.

  • Halusinogen
Pemakai akan berhalusinasi (melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada).

  • Stimulan
Mempercepat kerja organ tubuh seperti jantung dan otak sehingga pemakai merasa lebih bertenaga untuk sementara waktu. Karena organ tubuh terus dipaksa bekerja di luar batas normal, lama-lama saraf-sarafnya akan rusak dan bisa mengakibatkan kematian.

  • Adiktif
Pemakai akan merasa ketagihan sehingga akan melakukan berbagai cara agar terus bisa mengonsumsinya. Jika pemakai tidak bisa mendapatkannya, tubuhnya akan ada pada kondisi kritis (sakaw).



Kesimpulan, Bahaya Rokok apa Narkoba ???

Saya tidak tahu pasti mana yang lebih berbahaya, namun yang saya tahu pasti dua-dua barang tersebut adalah barang berbahaya yang wajib di hindari, ingat!!! Hindari barangnya, bukan orangnya (pemakai).

Friday, 6 March 2015

Fenomena 2015


Zaman dimana cewek gigi dipagar, dada diumbar, paha berkibar - kibar !

Eh giliran digodain bilangnya " Tolong ya mas matanya dijaga "



Anak Akuntansi
FE : BAGUS PRIYONO

Kata bijak bahasa inggris tentang kehidupan

Kata bijak bahasa inggris tentang kehidupan ? kehidupan ini memang indah, jika kita mampu merasakanya dengan cara bersyukur, dalam artian kita tidak mengeluh atas masalah yang telah diberikan kepada kita .



Jika hati anda sedang galau, sedih mungkin anda butuh sebuah "motivasi", motivasi itu bisa datang dari mana saja, ada dari orang terdekat kita yaitu keluarga, dan juga ada yang dari luar, yang diantaranya adalah, kata bijak motivasi tentang bahasa inggris, nah maka dari itu untuk mengobati hati yang lagi galau karena problem, dibutuhkan sebuah motivasi agar bangkit kembali jiwa semangatnya dalam menghadapi kehidupan, berikut ini adalah 25 kata bijak kehidupan dalam bahasa inggris dan artinya, semoga dengan membaca ini anda akan lebih semangat lagi untuk menjalani kehidupan yang indah ini :

  • If you can not be intelligent, be a good person .( Jika anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik )
  • Never underestimate your self, If your our unhappy with your life, fix what's wrong, and keep stepping . ( Jangan pernah meremehkan diri sendiri, jika kamu tak bahagia dalam hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan teruslah melangkah )
  • We will never know, before we do so. remember one thing, the work we do will be worth it . ( Kita tidak akan pernah tau, sebelum kita melakukanya, Ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya )
  • Do not give up just because it failed at the first opportunity, something precious you will not have it easily. Keep trying ! ( Jangan menyerah hanya karna gagal pada kesempatan pertama, sesuatu yang berharga tak akan anda miliki dengan mudah. Terus berusaha ! )
  • You do not live at once. You only die once and live every day . Anda tidak hidup sekali. Anda hanya mati sekali dan hidup setiap hari )
  • Tranquility can be found when we are with God . ( Ketenangan bisa kita temukan apabila kita bersama Tuhan )
  • Nothing is impossible. Anything can happen as long as we believe . ( Tidak ada yang mustahil. Semua bisa terjadi asalkan kita percaya )
  • If you want the respect of others, you must respect yourself first . ( Jika anda ingin dihargai orang lain, maka hargailah diri anda sendiri )
  • The more we are grateful, the more happiness we get . Semakin banyak kita bersyukur, semakin banyak kebahagiaan yang kita dapatkan )
  • Your biggest mistake is dying including your poverty . ( Kesalahan terbesar anda adalah meninggal dengan kemiskinan )
  • Greates success in life is to rise from failure . ( Kesuksesan paling besar dalam hidup adalah bisa bangkit dari kegagalan )
  • Honesty is the currency of wherever you are . ( Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimanapun anda berada )
  • Do not blame your past, because the past will never change . ( Jangan menyalahkan masa lalu anda, karena masa lalu tidak akan pernah berubah )
  • Do not always say "there is still time" or "later". Do it right away, use your time wisely . ( Jangan selalu katakan "masih ada waktu" atau "nanti saja". Lakukan segera, gunakan waktumu dengan bijak )
  • We will not know the love of our parents (agains us), until we become parents . ( Kita tidak akan tau rasa cinta kedua orang tua kita (terhadap kita), sampai kita menjadi orang tua )
  • Do not judge a person from what he is doing, because you also have to know the reason why he is did it . Jangan menghakimi seseorang dari apa yang dia lakukan, karena anda juga harus tahu alasan kenapa dia melakukannya )
  • Remember, with great power, comes great responsibility . Ingatlah, dengan kekuatan yg besar, akan datang juga tanggung jawab yang besar )
  • Keep going and never quit! The champion is never quit . ( Terus maju dan jangan pernah berhenti! Sang juara tidak pernah berhenti )
Anyway, itulah beberapa kata bijak dan artinya, semoga setelah anda membaca beberapa kata bijak diatas, anda akan terasa lebih bahagia dan bersemangat dalam menjalani kehidupan, Terima Kasih .

Wednesday, 25 February 2015

LANGKAH PENYUSUNAN DISTRIBUSI FREKUENSI

  • Tetapkan data terbesar dan data terkecil, kemudian tentukan rangenya.
  • Bagilah range ini ke dalam sejumlah interval kelas yang mempunyai ukuransama. Jika tidak mungkin, gunakan interval kelas dengan ukuran berbeda.Biasanya banyak interval kelas yang digunakan antara 5 dan 20, bergantungpada data mentahnya. Diupayakan agar tanda kelas  merupakan data observasi sesungguhnya. Hal ini untuk mengurangi apa  yang disebut dengan groupingerror. Namun batas kelas sebaiknya tidak sama dengan data observasi. Dapat menggunakan rumus: k=1+3,3 log n, dimana k adalah banyaknya kelas dan n adalah jumlah data .
  • Hitung lebar interval kelas, lalu hasilnya dibulatkan. Lebar Interval (d) = Range:Banyak interval kelas
  • Starting point: mulailah dengan bilangan limit bawah untuk kelas interval pertama. Dapat dipilih sebagai data terkecil dari observasi atau bilangan di bawahnya.
  • Dengan menggunakan limit bawah interval kelas pertama dan lebar interval kelas, tentukan limit bawah interval kelas lainnya.
  • Susunlah semua limit bawah interval kelas secara vertikal, kemudian tentukan limit atas yang bersesuaian. Kembalilah ke data mentah dan gunakan turus untuk memasukkan data pada interval kelas yang ada.

CONTOH: Berikut nilai 80 siswa pada ujian akhir mata pelajaran matematika:



Langkah-langkah untuk membuat tabel distribusi frekuensi dilakukan sebagai berikut: 
  1. Nilai tertinggi = 97 dan nilai terendah 53. Jadi range = 97-53 = 44.
  2. Tetapkan jumlah kelas; dalam hal ini diambil 10. 
  3. Lebar interval kelas d = 44/10 = 4.4 dibulatkan menjadi 5. 
  4. Diambil bilangan 50 sebagai limit bawah untuk kelas pertama. 
  5. Limit atas kelas interval yang bersesuaian adalah 54 untuk kelas pertama, 59 untuk kelas kedua, dan seterusnya.
  6. Selanjutnya, limit bawah untuk kelas kedua adalah 50+5 = 55, limit bawah kelas ketiga 55+5 = 60 dan seterusnya. Gunakan turus untuk memasukkan data ke dalam interval kelas .

Hasilnya seperti terlihat pada Tabel 2.3 berikut:





Akhirnya diperoleh tabel distribusi frekuensi sebagai berikut:
Melalui tabel ini kita dapat mengetahui pola penyebaran nilai siswa. Paling banyak nilai siswa mengumpul pada interval 75-79, paling sedikit data termuat dalam interval 50-54. Sedangkan siswa yang mendapat nilai istimewa atau di atas 90 hanya ada 8 orang.

Tabel Distribusi Frekuensi Relatif
Nilai frekuensinya TIDAK dinyatakan dalam bentuk ANGKA MUTLAK, tapi dalam bentuk ANGKA PERSENTASE (%) atau ANGKA RELATIF.

Rumus mencari frekuensi relatif adalah :


Contoh: 
(Menggunakan soal dan tabel distribusi frekuensi MUTLAK) 
Maka, untuk membuat tabel distribusi frekuensi relatif (%) adalah dengan mencari frekuensi relatif (%) untuk setiap interval kelasnya dulu.
Jawab :
f relatif kelas ke-1 = 1/40 x 100%    = 2,5%
f relatif kelas ke-2 = 2/40 x 100%    = 5%
f relatif kelas ke-3 = 17/40 x 100%  = 42,5%
f relatif kelas ke-4 = 3/40 x 100%    = 7,5%
f relatif kelas ke-5 = 10/40 x 100%  = 25%
f relatif kelas ke-6 = 7/40 x 100%    = 17,5% +
                                    Total        = 100% 

Lalu masukkan hasil perhitungan frekuensi relatif tersebut ke dalam tabel.
-DISTRIBUSI FREKUENSI KUMULATIF
Distribusi Frekuensi Kumulatif (fkum ) adalah distribusi yang nilai frekuensinya (f) diperoleh dengan cara MENJUMLAHKAN frekuensi demi frekuensi.

Distribusi Frekuensi Kumulatif terbagi menjadi 2, yaitu :

  • Distribusi Frekuensi Kumulatif “KURANG DARI”
  • Distribusi Frekuensi Kumulatif “ATAU LEBIH”

Contoh (mengacu pada frekuensi mutlak di atas).

Dengan mengacu pada tabel Distribusi Frekuensi Mutlak di atas, maka contoh Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif nya :
Keterangan Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif “KURANG DARI” : 
  • Untuk acuan penentuan nilai, menggunakan nilai ujung bawah kelas.
  • Penentuan frekuensi kumulatif melihat dari frekuensi pada tabel distribusi frekuensi (mutlak) lalu dikumulasikan sesuai dengan kategori nilai pada tabel distribusi frekuensi kumulatif.
  • Ada penambahan 1 kelas, yaitu “KURANG DARI 87” dikarenakan nilai data terbesar adalah 85, sehingga kalau nilai “KURANG DARI” hanya sampai ke “KURANG DARI 80” saja, maka untuk data nilai yang LEBIH DARI 80 tidak masuk hitungan padahal ada frekuensinya.

Sedangkan untuk Distribusi Frekuensi Kumulatif “ATAU LEBIH”, contohnya adalah :
Keterangan Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif “ATAU LEBIH”
  • Konsep perhitungan frekuensi kumulatifnya sama dengan frekuensi kumulatif “KURANG DARI”, hanya saja kalau tabel distribusi frekuensi kumulatif “ATAU LEBIH” mengacu pada nilai “ATAU LEBIH” nya, sehingga kita tinggal mencari berapa frekuensi kumulatifnya dengan melihat dari frekuensi (mutlak).

-DISTRIBUSI FREKUENSI KUMULATIF RELATIF
Distribusi Frekuensi Kumulatif Relatif {fkum (%)} adalah distribusi frekuensi yang NILAI FREKUENSI KUMULATIF diubah menjadi NILAI FREKUENSI RELATIF atau dalam bentuk persentase (%).

Distribusi Frekuensi Kumulatif Relatif juga terbagi menjadi :
  • Distribusi Frekuensi Kumulatif Relatif “KURANG DARI”
  • Distribusi Frekuensi Kumulatif Relatif “ATAU LEBIH”


Konsep Distribusi Frekuensi Kumulatif Relatif adalah :
  • TIDAK menggunakan angka mutlak, jadi menggunakan persentase.
  • Mengambil frekuensinya dari tabel DISTRIBUSI FREKUENSI KUMULATIF.

 Rumus untuk mencari Frekuensi Kumulatif Relatif (%) adalah :


Dengan mengacu pada tabel distribusi frekuensi kumulatif “KURANG DARI” di atas, maka perhitungan frekuensi kumulatif relatifnya adalah :

F kum (%) kelas ke-1 = 0/40 x 100% = 0 %
F kum (%) kelas ke-2 = 1/40 x 100% = 2,5%
F kum (%) kelas ke-3 = 3/40 x 100% = 7,5%
F kum (%) kelas ke-4 = 20/40 x 100% = 50%
F kum (%) kelas ke-5 = 23/40 x 100% = 57,5%
F kum (%) kelas ke-6 = 33/40 x 100% = 82,5%
F kum (%) kelas ke-7 = 40/40 x 100% = 100%

Dari perhitungan di atas lalu dimasukkan ke dalam tabel.
Untuk Distribusi Frekuensi Kumulatif Relatif “ATAU LEBIH” juga sama rumus perhitungannya.
Dari tabel distribusi frekuensi kumulatif “ATAU LEBIH” di atas, bisa dilakukan perhitungan untuk mencari Frekuensi Kumulatif Relatif “ATAU LEBIH” :

F kum (%) kelas ke-1 = 40/40 x 100% = 100%
F kum (%) kelas ke-2 = 39/40 x 100% = 97,5 %
F kum (%) kelas ke-3 = 37/40 x 100% = 92,5 %
F kum (%) kelas ke-4 = 20/40 x 100% = 50%
F kum (%) kelas ke-5 = 17/40 x 100% = 42,5 %
F kum (%) kelas ke-6 = 7/40 x 100% =7,5 %
F kum (%) kelas ke-7 = 0/40 x 100% = 0%

Setelah selesai melakukan perhitungan, lalu masukkan hasilnya ke dalam tabel distribusi frekuensi kumulatif relatif “ATAU LEBIH”.
Grafik merupakan lukisan pasang surutnya suatu keadaan dengan garis atau gambar atau dengan kata lain, Grafik menggambarkan naik atau turunnya hasil statistik. 

Dengan masih mengacu pada Tabel Distribusi Frekuensi, maka bisa di gambarkan dengan cara membuat grafik :
- Histogram
- Poligon Frekuensi
- Ogive

HISTOGRAM
-Histogram merupakan grafik yang menggambarkan suatu distribusi frekuensi dengan bentuk beberapa segiempat atau menyerupai diagram batang.
-Langkah-langkah membuat Histogram :
  • Buat “absis” dan “ordinat” . absis adalah sumbu mendatar atau sumbu X yang menyatakan  NILAI; ordinat adalah sumbu tegak atau sumbu Y yang menyatakan FREKUENSI.
  • Buat skala absis dan skala ordinatnya dengan melihat dari nilai dan frekuensinya.
  • Buat Batas Kelas 
Batas Kelas :
Batas kelas ke-1 : 45 – 0,5 = 44,5
Batas kelas ke-2 : ( 51 + 52) x ½ = 51,5
Batas kelas ke-3 : (58 + 59) x ½ = 58,5
Batas kelas ke-4 : (65+66) x ½ = 65,5
Batas kelas ke-5 : (72+73) x ½ = 72,5
Batas kelas ke-6 : (79+80) x ½ = 79,5
Batas kelas ke-7 : 86 + 0,5 = 86,5
Lalu masukkan ke dalam tabel dan sesuaikan dengan frekuensinya.
POLIGON FREKUENSI 
- Poligon Frekuensi merupakan grafik garis yang menghubungkan NILAI TENGAH tiap sisi atas yang berdekatan dengan NILAI TENGAH jarak frekuensi mutlak masing-masing.

-Perbedaan antara HISTOGRAM dengan POLIGON FREKUENSI adalah :
  • Histogram menggunakan BATAS KELAS ; sedangkan POLIGON menggunakan TITIK TENGAH.
  • Grafik HISTOGRAM berwujud SEGIEMPAT atau menyerupai DIAGRAM BATANG; sedangkan POLIGON berwujud GARIS atau KURVA yang saling berhubungan satu sama lain.
-Langkah-langkah membuat POLIGON FREKUENSI :
  • Buat TITIK TENGAH kelas dengan cara : (NILAI UJUNG BAWAH KELAS + NILAI UJUNG ATAS KELAS) x ½
  • Buat TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI yang MUTLAK disertai dengan kolom tambahan berupa kolom TITIK TENGAH KELAS tsb.
  • Buat grafik poligon frekuensi dengan melihat data pada tabel distribusi frekuensi mutlak 
a. Buat TITIK TENGAH KELAS
Titik tengah kelas ke-1 : (45 + 51) x ½ = 48
Titik tengah kelas ke-2 : (52 + 58) x ½ = 55
Titik tengah kelas ke-3 : (59 + 65) x ½ = 62
Titik tengah kelas ke-4 : (66 + 72) x ½ = 69
Titik tengah kelas ke-5 : (73 + 79) x ½ = 76
Titik tengah kelas ke-6 : (80 + 86) x ½ = 83
b. Buat Tabel Distribusi Frekuensi Mutlak dengan menambah kolom TITIK TENGAH KELAS 
c. Buat grafik poligon frekuensi

OGIVE
-Ogive biasanya digunakan untuk sensus penduduk tentang perkembangan kelahiran dan kematian bayi, perkembangan penjualan suatu produk, perkembangan dan penjualan saham, dsb.

Contoh Penerapan Grafik Ogive
1. Grafik Ogive berdasarkan dari Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif “KURANG DARI” dan Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif “ATAU LEBIH”.

2. Grafik Ogive dari Tabel Distribusi Frekuensi (mutlak) ditambah dengan 1 kolom FREKUENSI MENINGKAT dengan menggunakan BATAS KELAS (Batas nyata).


Sumber :
http://ghassini.blogspot.com/2013/09/bab-3-distribusi-frekuensi-dan-grafik.html